Mudahnya pasang Listrik/PLN secara online

Ini adalah pengalaman pribadi, Hari Rabu Tanggal 8 Agustus 2012 saya mencoba mengajukan pasang sambungan baru listrik PLN dirumah saya, sebenarnya dirumah saya sudah ada sambungan listrik pakai pasca bayar, namun kebetulan dilantai dua ada yang kontrak rumah saya, sehingga diperlukan sambungan pln tersediri.

1. Masuk ke WebSite http://www.pln.co.id
2. Klik Menu Pelanggan, sub menu Layanan Online
3. Kemudian klik Permohonan pasang baru
4. Isikan semua kolom di data Pelanggan dan data Pemohon
5. Isikan pula produk layanan (Pasca bayar atau Pra Bayar)
6. Peruntukan (Rumah Tanggal, Sosial, atau yg lain) pilih salah satu
7. Pilih Daya
8. Kalau anda pilih Prabayar tentukan juga Token perdana
9. Kemudian klik HITUNG BIAYA
10. Terakhir masukan capcha pada kolom yang tersedia diikuti dengan klik menu SIMPAN PERMOHONAN


Ingat pada saat isi data pelanggan dan pemohon isi dengan data benar

Jika proses SIMPAN berhasil, silahkan cek email anda. Konfirmasi tentang status permohonan anda akan disampaikan lewat email.
Buka email tersebut dan catat nomor transaksi
dan masukan nomor transaksi tersebut di url



masukan nomor transaksi yang telah anda catat ke kode konfirmasi pada kolom yang telah tersedia, dan klik menu SIMPAN
Jika proses simpan berhasil, anda akan mendapat email konfirmasi lagi, Catat nomor Registrasi (Kode Bayar)

Kemudian berbekal nomor registrasi tersebut silahkan melakukan pembayaran ke mitra PLN seperti FASTPAY, POS, dll

Bilang ke petugas bahwa mau membayar PLN NON TAGLIST, dan sebutkan ke petugas nomor Registrasi Anda.

Jika anda sudah melakukan pembayaran, sekarang anda tinggal memantau status permohonan anda lewat url


Masukan nomor Registrasi anda dan klik cari, jika berhasil lihat STATUS PERMOHONAN ANDA

Pengalaman saya dari tanggal pembayaran, kira2 Satu minggu listrik sudah terpasang (Itu pengalaman pasang pln saya agustus 2012 kemarin)

Jika sudah terpasang, sekarang anda siapkan materai 2 lembar dan tunggu konfirmasi dari PLN untuk tanda tangan SJBTL.

Demikian, ada kurang lebihnya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
dan ini hanya pengalaman pribadi


Posting Lebih Baru Posting Lama

70 Responses to “Mudahnya pasang Listrik/PLN secara online”

  1. instalasinya pasang sendiri? mesti ada SLO? di survey ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf apa itu SLO?
      sepengetahuan saya tidak disurvey krn dari tanggal bayar 1 minggu setelahnya dipasang (ngak tau apakah selama 1 minggu itu rumah saya disurvey atau tidak)

      demikian terima kasih

      Hapus
  2. ya jelas di survey pak utk mengetahui kelayakan jauh dktnya dngn jaringan

    BalasHapus
  3. kena biaya berapa pak ?

    BalasHapus
  4. Biaya PLN : 698.000
    Admin Bank : 1.600
    Total Biaya : 699.600

    Bisa di bayar di fastpay, kantor pos, dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemarin pasang tegangan brp bos?
      pake pasca bayar ato pra bayar?
      makasih

      Hapus
    2. saya pasang tegangan 900
      pakai prabayar..

      demikian, terima kasih

      Hapus
  5. tandanya udah bayar pasang baru listrik gmana

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mas rizki telah memberi komentar, untuk melihat pembayaran kita sudah masuk atau belum bisa dilihat di status permohonan lewat url: http://www.pln.co.id/pbpd/Status.php
      tetapi tetap butuh jeda waktu.

      Demikian semoga membantu

      Hapus
  6. om, ngga ada biaya lain-lain lagi ? Rp. 700.000,- ribu itu sudah termasuk mesin MCB ngga ya ? soalnya saya baru saja mau pasang baru 900 watt, pas mau dipasang petugas minta uang lagi 350.000,- (note : instalasi di dalam belum terpasang, rencananya mau sama tukang masangnya).

    Thanks a lot,
    Ibrahim

    BalasHapus
  7. mas, pada saat mau pemasangan apakah pelanggan dihubungi terlebih dahulu nggak?
    karena saya juga rencana mau pasang, tapi rumah saya baru dibangun dan belum ditinggali. repot kan kalau pas didatangi ngga ada orangnya

    BalasHapus
  8. Iya betul, sebelum dipasang customer akan ditelp terlebih dahulu.
    Dan dengan harga segitu sudah termasuk meteran prabayar.

    Demikian terima kasih

    BalasHapus
  9. akhirnya saya harus bayar biaya SLO (sertificate layak operasi)ke CV mitra nya PLN, kena 150 ribu,.. denger-denger sih SLO itu cuma 77 ribu,...?!#$%#?!

    BalasHapus
  10. Ada biaya instalasinya ga pak

    BalasHapus
  11. Saya baru saja mengajukan pasang baur secara Online, Mudahan Cepat Keterima.

    BalasHapus
  12. Ok, Terima kasih telah memberi komentar di web saya

    BalasHapus
  13. Pak Sunarto..saya jumat kemarin sudah daftar online dan langsung bayar via atm..tapi sampai hari senin jam 10.00 belum ada perubahan distatus...kemaren sewaktu pak Sunarto pasang secara online ada jeda waktu berapa lama sampai ada perubahan di statusnya?terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok, kira2 dari tanggl pembayaran 1 s/d 2 hari (perlu diingat hitungnya hari kerja ya, sabtu minggu tdk dihitung)
      namun apabila belum masuk juga, coba masuk ke contact kami lewat url: http://www.pln.co.id/kontak-kami/

      demikian terima kasih

      Hapus
    2. oh begitu...Terima kasih Pak Sunarto

      Hapus
    3. Sama2, dan terima kasih telah memberi komentar di web saya.

      Hapus
  14. met kenal pak. ntar kalo udah pasang via online, trus ama CV mitra PLN nya (petugas yg masang) minta biaya tambahan gmn? soalnya sodaraku kena ampe 2juta an masangnya. apa dilaporin ke PLN nya bisa ato nggak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah mengunjungi web kami, sesuai dengan pengalaman saya bahwa pihak pemasang (pihak ke3) tidak meminta tambahan biaya, jika pihak3 tersebut minta biaya tambahan coba aja ditanyakan ke 123 pln atau menghubungi contact pln di http://www.pln.co.id/kontak-kami

      Demikian terima kasih

      Hapus
  15. klo boleh tau bpk dulu bayar via apa? bank? ATM? ato PPOB? ato via online gitu? saya udah daftar tinggal bayarnya aja tp masih bingung tempat bayarnya dimana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih, saya bayarnya lewat PPOB
      demikian

      Hapus
  16. selamat malam pak sunarto, slam kenal....
    orang tua saya berencana pasang listrik yg elektrik pak.
    tapi menurut petugas nya biaya nya itu sampai 3,5 juta.....
    apa sudah sesuai dengan tarif nya yah pak..???
    terimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah mampir di web saya,
      untuk permasalahan anda, biar pihak PLN sendiri yang berwenang untuk menjawab, untuk itu silahkan masukan keluhan anda di
      http://www.pln.co.id/kontak-kami/

      demikian terima kasih

      Hapus
    2. Dari banyak variasi harga yang tidak lewat online ini menandakan masih banyak calo2 listrik yang berkeliaran, seharusnya SLO itu sudah menjadi salah satu pelayanan PLN terhadap konsumen, hal ini dibuat kesempatan oleh orang2 untuk mencari keuntungan sepihak, saya juga punya pengalaman pahit dg pemasangan listrik baru, banyak calo2 listrik yg menawarkan harga diluar harga resmi PLN, kalau ada seperti itu saya sarankan untuk daftar lewat resmi PLN jangan lewat calo (instalatir) dan apabila ada petugas PLN yang juga menyarankan harga lain langsung laporkan/temui kepala PLN setempat. Semoga pengalaman pahit ini tidak menimpa pelanggan baru yg lain.

      Hapus
  17. saya sudah melaksanakan dengan baik sesuai dengan petunjuk yang bapak tulis disini. sekedar berbagi kisah, proses pemasangan meteran hanya butuh waktu 5hari kerja dan tinggal memasang sekring listrik.
    ini pelayanan PLN yang pantas diacungi jempol. saya merasakan benar-benar terbantu akan layanan terbaru ini, karena disaat kondisi keuangan menipis untuk proses pembangunan rumah, biaya pasang listrik yang pernah saya tanyakan kepada salah satu orang yang 'katanya' sudah menjadi kebiasaan pasang listrik, dia meminta bayar 1,6jt. beruntung saya menemukan blog ini...

    akhirnya saya dapat menikmati pelayanan memuaskan dari PLN. anggaran pembangunan rumah semakin ringan...

    nah, namun yang masih saya bingungkan... itu setelah meteran listrik terpasang, apa yang harus dilakukan??? karena kondisinya masih belum terpasang sekring... sedangkan menurut penjelasan teman yang berkerja di rekanan PLN, harus melalui uji layak SLO...

    kalau ditempat bapak kemarin bagaimana?? apakah sejak pemasangan pertama sudah disertai dengan sekring???

    terima kasih.
    oiya, saya tinggal di Ponorogo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah memberi komentar di web saya, kalau saya pada saat pasang listrik, kondisi instalasi listrik saya sudah ada dan sudah terpasang dg baik.

      Demikian terima kasih, saya orang Ponorogo Juga, alumni SMA bakti juga, saya ingin berkenalan dg mas R. Addy Prabowo tolong email saya di admin@sunarto.web.id

      Hapus
    2. pendapat teman bapak sudah betul karena harus di survai untuk kebutuhan pemakain bpk

      Hapus
  18. Baik. Nanti saya informasikan kembali. Fb saya pardicukup@ponorogozone.com

    BalasHapus
  19. Salam untuk bpak sunarto, Saya sangat gembira menemukan artikel bapak ini.
    Perkenalkan saya Doni dri KEDIRI saya ingin memasang listrik, saya sudah coba tanya ke seorang yang kerja di PLN(bkn lagsung ke kantor PLN) katanya harga pasang daya 900 harganya 1.6Jt akhirnya blum jadi pasng kerna duit gak cukup, setelah nemuin web bpak saya langsung cek ke web pln dan tenyata harganya cuman 680rebu untuk yg 900 wat. saya udah daftar online tpi blum saya konfirmasi. nah yg sya tanyakan untuk harga yang ada di web pln apakh sudah termasuk installasi kabel yang masuk di dlm rumah atu kita harus pasang sendiri semua kabel yg ada di dalam rumah( harus bayar lagi untuk masng kabel dlm rmah).?

    Terima kasih pak artikelnya sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum Bpk, harga itu untuk biaya pemasangan meteran, jadi pln memasagkan kabel dari tiang listrik ke rumah kita sampai ke meteran saja. Setelah itu tanggung jawab pemilik rumah.

      Demikian terima kasih

      Hapus
    2. Oh gitu ya, trus umpama di rumah kita udah ada installasi apakah langsung bisa nyala setelah petugas pln masangin meteran dan kabel dari tiang.
      makasih pak seblumnya atas balasanya

      Hapus
    3. Ya langsung nyala, seketika itu juga. Demikian terima kasih

      Hapus
    4. Maap pak saya bingung, saya tdi tanya ke kentor PLN dan saya tanyakan walo di rumah kita udah ada kabel saya masih di mintain SLO (Surat Layak Operasional) ato apa lah. kata yang njaga sih harus hubungin CV gitu. kalo gak punya SLO gak bisa di nyalakan.
      bingung saya pak

      Hapus
    5. baik terima kasih, kalau sedetail itu saya juga tidak paham, krn saya juga pengguna, coba tanyakan aja langsung ke pln pusat lewat web (kontak kami) yang telah disediakan oleh pln.co.id alamat nya di
      http://www.pln.co.id/kontak-kami/
      silahkan masukan keluhan atau kritik atau pertanyaan, lewat form pada alamat tersebut

      demikian

      Hapus
    6. betul pak karna (SLO) itu penting untuk menjamin instalasi dirumah bpk dalam waktu 15 tahun

      Hapus
  20. Terimakasih, salam kenal dari Kota Bogor Jawa Barat karena telah memberi informasi ini sungguh bermanfaat, Semoga terus menjadi orang yang bermanfaat

    BalasHapus
  21. untuk pemasangan baru apakah ada biaya jaminan instalasi listrik apa hanya biaya penyambungan (BP) dan SLO saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mas maman, saya tidak paham masalah SLO, untuk itu tanyakan pertanyaan anda langsung ke http://www.pln.co.id/kontak-kami/

      demikian terima kasih

      Hapus
    2. Maaf bagaimana caranya bayar PB Via ATM BCA? trims




      Hapus
    3. Maaf saya belum pernah melakukan transaksi lewat ATM BCA, silahkan berkunjung ke www.bca.co.id utk melakukan pertanyaan.

      Terima kasih

      Hapus
    4. masuk kepembayaran rekening pln
      setelah itu pilih lain-lain nya muncul nontaglis masukan no reg nya

      Hapus
  22. selamat malam untuk PELANGGAN PT PLN (persero)..............bagi anda yang mempertanyakan tentang masalah SLO(surat layak oprasi)kami akan sedikit terangkan seklumit tentang slo bagi anda yang mendaftar melalui WEB/CALL CENTER 123 karna disana anda tidak akan mendapat kan onformasi yang jelas.........menurut undang-undang no 3 tahun 2009 TENTANG KETENAGALISTRIKAN pada:
    pasal 44 ayat 4 yang bebunyi : "setiap instalasi tenaga listrik yang beroprasi wajib memiliki SERTIVIKAT LAYAK OPRASI" dan pasal 54 ayat 1 yang berbunyi: setiap orang yang mengoperasikan instalasi tenaga listrik tanpa SERTIFIKAT LAIK OPRASI sebagaimana pasal 44 ayat 4 dipidana penjara paling lama 5(lima) tahun dan denda paling banyak Rp.500.000.000(lima ratus juta rupiah) ini diwajibkan untuk pelanggan pemasangan baru atau tambah daya dari 1phase ke 3 phase

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam knal untuk smua, saya juga ingin mengajukan pasang listrik scara online. dan menyangkut SLO, kalo boleh tahu bagaimana kita bisa mendapatkannya gan?? skian trims dan saya tunggu balasannya

      Hapus
    2. @wia : maaf mo nanya untk sertfikat SLO itu berbentuk apa ya cos aku pernah pasang tidak dikasih sertifikatnya hanya langsung dipasang nyala gitu doang dengan bayar sama BTL 750 rb katanya untk biaya instalasinya sama SLO nya jadi aku mengeluarkan biaya dng daya 450 wath 750 rb untk BTL + 380 utk daftar online mohon penjelasannya terima kasih...

      Hapus
  23. pak sunarto Ponorogonya mana. kebetulan saya juga tinggal di ponorogo. tepatnya d jambon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas, saya ponorogo Slahung, namun saat ini sudah menjadi warga Surabaya. Mengenai SLO saya tidak mempunyai pengalaman akan hal itu, mohon maaf jika tdk bisa membantu.

      Hapus
  24. bos aku juga dari ponorogo kemarin aku tanya sama BTL daya 900 kosnya 1,700,000 apa benar??????

    BalasHapus
    Balasan
    1. dicoba aja secara online di www.pln.co.id

      Hapus
  25. Gan koq aq gak bisa daptar online,kterangannya blum lengkap trus.

    BalasHapus
  26. Ceritanya kita pasang baru nih lewat online instalasinya juga udah dipasang sendiri terus nyetor ke bank selesai kemudian kita ditelepon untuk datang ke pln terdekat dan oleh petugasnya kita disuruh minta SLO di biro instalatir sekalian minta mereka menyambungkan dari tiang terdekat ke meteran ini artinya bukan orang pln yg pasang dan pasti ada biaya tambahan lagi. Kalo lihat di situs pln. co.id tidak seperti itu ribet jadinya dan membingungkan

    BalasHapus
  27. saya udah daftar.. tgl 27 agustus 2013.. saya bayar tanggal 31 agustus 2013
    sampe sekarang belum di pasang aja nih listriknya..
    kalo ada yang bisa bantu.. lokasi di bandung.. ujung berung..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau memang sudah dan sudah membayar, yg hanya bisa dilakukan memang hanya menunggu dan menunggu. Dan memantau lewat web pln status perkembangan pemasangan listrik kita di web http://www.pln.co.id/pbpd/status.php
      atau mengubungi pln scr online lewat form http://www.pln.co.id/kontak-kami/

      Demikian semgoa bermanfaat, dan mohon maaf jika terlambat membalas

      Hapus
  28. salam kenal, saya jumar di cikampek saya sudah mendaftar listrik dengan cara online, dan saya sudah melakukan pembayaran melalui kantor pos dengan biaya Rp.698.000,- dengan biaya admin pos Rp.2000,- jadi total bayar Rp.700.000,- yang mau saya tanyakan apa itu status karena setelah saya masuk ke url http://pon.co.id/pbpd/status.php yang ada hanya data registerasi saja jadi apa itu status?
    mohon pencerahannya Terimakasih. Wasalam
    jumar di cikampek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga Bpk. Jumhar, yang dimaksud status disitu adalah jika anda sudah membayar, nanti lewat alamat url http://www.pln.co.id/pbpd/status.php bisa dipantau, memang butuh waktu beberapa jam atau bahkan beberapa hari utk keluar status tersebut. Termasuk status SPK permohonan Pemasangan PLN anda. Kalau masih belum keluar juga silahkan isi form contact pln di web
      http://www.pln.co.id/kontak-kami/

      Demikian semoga bisa membantu, dan ini hanya pengalaman pribada saya.

      Hapus
  29. Maaf hanya sekedar menambahi...sebenarnya yg kurang jelas itu info dari pihak pln, sebab selama ini yg di infokan pd pln hanya biaya BP (Biaya Penyambungan) saja. Padahal utk dpt menggunakan listrik di rmh kan hrs ada instalasinya dgn ketentuan bahwa instalasi tsb hrs terpasang sesuai dgn SNI. Utk membuktikan apakah instalasi sdh benar apa blm, pln minta bukti berupa SERTIFIKAT LAIK OPERASI (SLO). Sedangkan utk mendptkan SLO, instalasi hrs dipasang oleh instalatir yg telah bersertifikat. Berikut contoh biaya pasang listrik & instalasinya:
    1. BP : Rp. 775 x 900 = Rp. 697.500 + Materai 6000 x2
    2. JIL (Jaminan Instalasi Listrik) = Rp. 125.000
    3. Biaya SLO = Rp. 75.000
    4. Instalasi listrik (kabel,stop kontak, saklar, lampu,grounding,ongkos tukang) = min. Rp. 500rb (tergantung jml instalasi listrik).

    BalasHapus
  30. Saya mau pasang listrik elektrik.kira bisa ga ya klo KTP saya beda ma rumah saya yg sedang di bangun atau dibilang lain kota

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelihatannya tidak bisa ibu.

      Hapus
    2. salam kenal pak, sy dari kota tegal, saya sdh mengajukan permohonan pasang baru via online dan sdh terbayarkan kewajiban sy sbg pelanggan, setelah 3 hari datang petugas atau pihak rekanan dari PLN, namun petugas itu menyatakan bahwa rumah saya tidak layak utk dipasang KWH baru. petugas itu menyatakan dan menawarkan kalau rmh sy tdk layak dipasang kwh harus di instalasi lg dengan biaya 2,5 jt sampai 5 jt rupiah. Awal mula sy mengajukan tambah daya yg sebelumnya rumah sy sdh ada instalasinya karena ulah oknum PLN KWH rmh sy dicopot tanpa ada pengunduran pelanggan dengan alasan rumah sy ada dua 1 di depan 1 di belakang dg tembok keliling dan muka rumah pun sendiri2 maka dari itu dari oknum lebih baik dijadikan satu KWH saja alasanya biayanya biar lbh murah, itu terjadi sdh 5 tahunan yg lalu. namun kenyataanya bayarnya sama. dan saat ini sy butuh utk dipasang kembali dan sy padahal bekas KWH yg dahulu masih ada dg ardenya serta instalasi juga masih seperti semula hanya instalasi rumah depan dan belakang sambung jasi satu. pertanyaan sy kenapa instalasi rmh sy harus diinstalasi ulang lg dengan biaya 2,5 jt itu yg kelas biasa, yg bagus 5 jt. dan akhirnya sy tangguhkan pemasangan baru tsbt dan sy ke kantor PLN di loket pengaduan tp seolah2 menghindar dr histori permasalahan listrik rmh sy padahal sy merasa tertipu. dan dr PLN hanya memberi solusi utk membuat SJI (surat jaminan instalasi) dan SLO (stand laik ops) namun sy tanya biaya SJI dan SLO petugas itu seolah tdk tahu. dan sy dpt info kalao SJI dan SLO biayanya smp 700 rb belum biaya instalasi. mohon petunjuk dan saran bpk. sy merasa kurang puas dg pelayanan yg tdk transparan dan tdk jelas itu pak. dan apakah sy harus menuntut KWH yg terdahulu yg diambil oleh petugas PLN tanpa ada pengunduran sbg pelanggan. terimakasih berkenan membalas.

      Hapus
    3. Salam kenal juga,
      Mohon maaf kalau masalah anda seperti itu, saya juga tdk paham,
      saran saya silahkan isi menu hubungi kami di url
      http://www.pln.co.id/kontak-kami/

      terima kasih

      Hapus
  31. ASSLKM,MAAF PAK SAYA NANYA,SAYA INGIN PASANG LISTRIK SECARA ONLINE,TEMPATNYA DI LOMBOK,NUSA TENGGARA BARAT,TAPI SEKARANG SAYA BERADA DI LUAR NTB/LOMBOK KIRA2 BISA GAK IYA DILAKUKAN DENGAN MEMAKAI IDENTITAS SAYA SENDIRI,BAGAIMANA NANTI TENTANG SURAT YANG MAU DITANDA TANGAN SEDANGKAN SAYA BERADA DI LUAR,APAKAH BISA DIWAKILI OLEH ORANG LAIN..?MOHON IYA PAK JAWABNNYA MELALUI EMAIL SAYA BI_HASBI@ROCKETMAIL.COM TERIMA KASIH.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam

      sebaiknya ditanyakan langsung ke pln melalui url http://www.pln.co.id/kontak-kami/

      Hapus
  32. mau tanya ni pak kalau pasang baru tapi jaringan kabelnya baru masuk gimana??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya tidak bisa. Terima kasih

      Hapus
  33. pak say mau naya tentang SLO bayar 400.000 untuk SLO g tau .... gmana jalan keluanya pak mohon tanggapanya pak. trimakasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf masalah SLO, sy belum ada pengalaman,
      Mungkin kalau Bpk punya pengalaman bisa berbagi

      Terima kasih

      Hapus